Sabtu, 24 November 2012

proposal Entrepreneurship



KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT karena berkat rahmat dan karunianya penyusunan proposal ini dapat terselesaikan. Tujuan penulisan proposal usaha ini adalah sebagai salah satu persyaratan untuk melengkapi tugas mata kuliah Entrepreneurship AMIK BSI Tangerang Semester l jurusan Manajement Informatika.
Dalam kesempatan kali ini kami ingin mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada pihak-pihak yang telah bersedia membantu dalam menyelesaikan penyusunan proposal usaha ini , khususnya kepada:

1.      Bapak Drs. Bambang Handoyo.MM  selaku dosen dan pembimbing mata kuliah Entrepreneurship yang telah meluangkan waktu, tenaga, dan pikiran dalam pelaksanaan bimbingan, pengarahan, dan dorongan dalam rangka penyelesaian proposal usaha ini.
2.      Bapak Swendo Handoyo selaku pimpinan sekaligus pemilik dari CV. SANYOTA ABADI LESTARI yang telah bersedia membantu kami dalam pelaksanaan tugas ini.
3.      Rekan-rekan kelompok 3 Mata Kuliah Entrepreneurship kelas 12.1H.03A jurusan Manajement Informatika BSI.
4.      Dan semuja pihak-pihak yang terkait dalam penyelesaian penyusunan proposal usaha ini.
Akhirnya kami berharap semoga proposal ini dapat bermanfaat bagi semua pihak yang berkompeten.






                                                                                                Tangerang, 21 November 2012


                                                                                                                    Penulis

Daftar isi
Kata pengantar…………………………………………………………………………………..
PENDAHULUAN
1.      Latar belakang usaha…………………………………………………………………………..
2.      Visi dan Misi……………………………………………………………………………………..
3.      Manfaat usaha……………………………………………………………………………..........
PROFIL PERUSAHAAN
1.      Nama dan Alamat Usaha……………………………………………………………………….
2.      Nama dan alamat pemilik………………………………………………………………………..
3.      Karyawan………………………………………………………………………………………...
4.      Motivasi………………………………………………………………………………………….
5.      Tentang Jasa Pendingin………………………………………………………………………...
ASPEK PEMASARAN
1.      Gambar pasar…………………………………………………………………………………….
2.      Strategi pemasaran………………………………………………………………………………
ASPEK KEUANGAN
1.      Perhitungan modal………………………………………………………………………………
2.      Harga jual dan keuntungan……………………………………………………………………..
RENCANA PENGEMBANGAN PRODUKSI
1.      Rencana pengembangan usaha………………………………………………………………...
2.      Harapan – Harapan……………………………………………………………………………...
3.      Suka – Duka………………………………………………………………………………………
4.      Omset Penghasilan………………………………………………………………………………
PENUTUP
l.        Kesimpulan………………………………………………………………………………………
ll.      Pesan dan Kesan…………………………………………………………………………………




BAB I
PENDAHULUAN
                                
1.1.      Latar Belakang Penelitian
Suatu perusahaan dalam melaksanakan kegiatannya, baik perusahaan yang bergerak di bidang industry maupun jasa akan berusaha untuk mencapai tujuan yang diharapkan sebelumnya. Satu hal yang harus diperhatikan bersama, keberhasilan berbagai aktivitas di dalam perusahaan dalam mencapai tujuan, bukan hanya tergantung pada keunggulan teknologi, sarana ataupun prasarana yang dimiliki, melainkan juga tergantung pada aspek sumberdaya manusia. Faktor sumber daya manusia ini merupakan elemen yang harus diperhatikan oleh perusahaan, terutama bila mengingat bahwa era perdagangan bebas akan segera dimulai. Hal ini memaksa setiap perusahaan harus dapat bekerja dengan lebih efisien, efektif dan produktif. Tingkat kompetisi ini akan memacu tiap perusahaan untuk dapat mempertahankan kelangsungan hidupnya dalam lingkungan persaingan yang tinggi yang dalam hal ini berarti perusahaan harus memberikan perhatian pada aspek sumber daya manusia. Jadi manusia dapat dipandang sebagai factor penentu karena di tangan manusialah segala inovasi akan direalisir dalam upaya mewujudkan tujuan perusahaan.
Setiap karyawan diharapkan memiliki motivasi kerja yang tinggi agar dapat meningkatkan semangat kerja.Motivasi merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan oleh pihak manajemen bila mereka menginginkan setiap karyawan dapat memberikan kontribusi positif terhadap pencapaian tujuan perusahaan. Dengan motivasi, seorang karyawan akan memiliki semangat yang tinggi dalam melaksanakan tugas yang diberikan kepadanya. Tanpa motivasi, seorang karyawan tidak dapat melaksanakan tugasnya sesuai standartd yang ditentukan. Sekalipun seorang karyawan memiliki kemampuan operasional yang baik, namun bila tidak memiliki motivasi dalam bekerja, hasil akhir dari pekerjaannya tidak akan memuaskan.



Mengingat pentingnya motivasi, maka manajemen perlu memotivasi karyawan melalui serangkaian usaha tertentu sesuai dengan kebijakan perusahaan, sehingga motivasi karyawan dalam bekerja akan tetap terjaga. Untuk memotivasi karyawan, pimpinan perusahaan harus mengetahui motif dan motivasi yang diinginkan oleh para karyawan. Satu hal yang harus dipahami bahwa orang mau bekerja karena mereka ingin memenuhi kebutuhan, baik kebutuhan yang disadari maupun kebutuhan yang tidak disadari, berbentuk materi atau non materi, kebutuhan fisik maupun rohaniah.
Seperti dikatakan Siagian “Dengan pemberian motivasi yang tepat para karyawan akan terdorong untuk berbuat semaksimal mungkin dalam melaksanakan tugasnya.”
Memotivasi karyawan dapat dilakukan dengan pemberian kompensasi yang layak dan adil, pemberian penghargaan dan sebagainya. Hal ini dimaksudkan agar apapun yang menjadi kebutuhan karyawan dapat terpenuhi sehingga para karyawan dapat bekerja dengan baik dan merasa senang dengan semua tugas yang dibebankan kepadanya. Setelah karyawan merasa senang dengan pekerjaannya, terciptalah suasana kerja yang kondusif dan pada akhirnya karyawan akan meningkatkan semangat kerja para karyawan, karena termotivasi dalam melaksanakan tugasnya dalam perusahaan.
Menurut Arep Ishak dan Tanjung Hendri “Sesuatu yang dikerjakan karena ada motivasi yang mendorongnya akan membuat orang senang mengerjakannya. Hal ini dimaklumi karena dorongan yang begitu tinggi menghasilkan sesuai yang ditetapkan, Serta semangat kerjanya akan tinggi.
Dari kutipan di atas jelas bahwa pemberian motivasi sangatlah erat kaitannya dengan semangat kerja, Karena dengan adanya motivasi dalam diri seseorang akan meningkatkan semangat untuk bekerja. Khususnya terhadap karyawan.
Dalam hal ini CV. Sanyota Tehnik  yang terletak di Jl.raya Merdeka No.143 Cimone Tangerang, sebagai perusahaan yang bergerak di bidang Jasa dengan misinya yaitu memberikan pelayanan service berkualitas kepada customer, sudah seharusnya memiliki karyawan yang penuh semangat dan bermotivasi tinggi dalam bekerja dan melakukan pekerjaannya secara efektif dan efisien, untuk kemudian pada akhirnya menunjukan misi dan tujuan yang telah ditetapkan.
Dalam menjalakan perusahaan seperti CV.Sanyota Tehnik dibutuhkan karyawan-karyawan yang memiliki semangat kerja yang tinggi dalam melaksanakan pekerjaannya, namun dalam pelaksanaannya, tingginya tingkat absensi dan turunnya kualitas jasa merupakan fenomena yang saat ini dihadapi oleh CV.Sanyota Tehnik,. Maka pemberian motivasi di sini sangatlah dibutuhkan untuk meningkatkan semangat kerja setiap karyawan sehingga tujuan perusahaan dapat cepat tercapai.
Dari uraian di atas penulis tertarik untuk melakukan penelitian tentang “PENGARUH PEMBERIAN MOTIVASI TERHADAP SEMANGAT KERJA KARYAWAN PRODUKSI PADA CV. SANYOTA TEHNIK”






















Visi dan Misi
Adapun Visi kami kedepan mendirikan perusahaan ini yaitu:
1.      Memanfaatkan kuliatas hajat hidup.
2.      Memacu potensi dan kemampuan bisnis dunia industry.
3.      Mendirikan badan usaha yang Produktif, Kreatif, dan Inofatif.
4.      Untuk mengaplikasikan ilmu kewirausahaan dalam bentuk nyata.
Adapun Misi peusahaan kami yaitu:
1.      Memberikan pelayanan service berkualitas kepada Customer.
2.      Selalu berinofasi dalam bidang pelayanan pengguna jasa.
3.      Mengikat Customer dan berkembang.
4.      Melayani Customer sepenuh hati.

MANFAAT USAHA
            Manfaat dari jenis wirausaha “Jasa Service Pendingin”.
Ø  Bagi Penulis
Sebagai sarana pemacu semangat berwira usaha dan mengaplikasikan ilmu pengetahuan Entrepreneurship yang telah kami pelajari sejauh ini didalam dunia bisnis dan usaha.
Ø  Bagi AMIK Bina sarana Informatika
Diharakan mahasiswa mengerti isi kandungan dan ilmu berwirausaha , menjadikan
tambahan motifasi dan semangat beerwirausaha.
Ø  Bagi pemilik usaha
Melalui berbagai pengalaman dan pelajaran dalam berwirausaha naik dan turunnya siklus ekonomi menjadikan motifasi saya untuk selalu optimis dalam memacu potensi diri saya untuk selalu memberikan yang terbaik kepada keluarga.
             




BAB II
PROFIL PERUSAHAAN
1.      Nama dan Alamat Usaha
Nama Perusahaan      : CV. SANYOTA ABADI LESTARI
Alamat Perusahaan    : Jl. Raya Merdeka No.143 Cimone - tangerang
Telepon                       : 551 3358 / 557 60481
Bidang Usaha              : Jasa dan Penjualan Sukucadang (Spare Part) Pendingin

Dalam usaha yang kami jalankan ini, kami melayani Jasa service serta penjualan Sukucadang (Spaare Part) pendingin seperti AC, Lemari Pendingin dan sejenisnya.

2.      Nama dan Alamat pemilik
Sekilas tentang pemilik CV. SANYOTA ABADI LESTARI ini berdiri pertama kali pada tahun 1998 yang di dirikan oleh Bapak Swendo Handoyo atas dasar kemandirian dan ingin memberikan peranan penting kepada masyarakat khususnya dibidang jasa.
3.      KARYAWAN
Sejauh ini kami memiliki 20 karyawan yang terampil di bidangnya serta memiliki wawasan yang luas, Sehingga diharapkan dapat memberikan pelayanan yang maksimal terhadap Customer.













4.      MOTIVASI
Berikut adalah motivasi yang mendorong kami selaku pemilik usaha untuk menjalankan bisnis jasa pendingin ini:

v  Membentuk usaha mandiri tanpa tergantung pada orang lain
v  Menambah ilmu tentang kewirausahaan dan dunia usaha yang sebenarnya
v  Ingin memberikan pelayanan yang cepat, tepat, serta dapat memuaskan Customer
v  Menambah penghasian

5.      TENTANG JASA PENDINGIN
Pada umumnya jasa atau service pendingin ini hampir sama dengan yang lainnya. Namun jasa yang kami jalankan ini menawarkan jasa yang berbeda dengan segala bentuk inovasi dan kreatifitas yang kami akan berikan. Kecepatan serta ketepatan itulah yang menjadi dasar dalam pelayanan kami.
























BAB III
ASPEK PELAYANAN
1.      Gambar pelayanan Jasa Penjualan dan service


o   Grafik di atas menunjukan tingkat pelayanan Jasa Penjualan dan Service perminggu dalam satu bulan terakhir.











2.      STRATEGI PELAYANAN
Di tengah-tengah persaingan yang sangat ketat ini khususnya dalam bidang pelayanan Jasa pendingin. Kami memiliki beberapa trik-trik tersendiri untuk mempertahankan usaha ini agar tetap berjalan sesuai keinginan.
Adapun trik-trik tersebut adalah sebagai berikut:
ü  Mempertahankan pelayanan yang dapat memuaskan, dengan tujuan agar pelanggan tidak dirugikan dengan jasa yang kami berikan.
ü  Tetap menjaga etika pelayanan kepada Customer, hal ini mempunyai tujuan supaya Customer tidak kecewa dengan pelayanan yang kami berikan sehingga Customer akan kembali lagi untuk memakai jasa kami.
ü  Mempromosikannya baik melalui media elektronik atau media cetak seperti Koran atau Internet. Hal ini dilakukan supaya Jasa kami lebih dikenal oleh orang banyak.

























BAB IV
ASPEK KEUANGAN

PERHITUNGAN MODAL
Awal CV.Sanyota Abadi Lestari berjalan pada tahun 1998. Pada periode awal berjalanya usaha tersebut hanya bemodalkan,
o   2 unit sepeda motor
o   3 unit tool box
o   4 maintance (SDM) sebagai mekanik.
o   Dana Operasional Rp.4.400.000-,

PERINCIAN:
Ø  Alat Transportasi
Di gunakan sebagai sarana transportasi pelayanan jasa.
Ø  Tool  Box
Di gunakan sebagai tempat alat-alat yang di butuhkan maintance.
Ø  Karyawan (SDM)
Sebagai pelaku pelayanan jasa customer yang di bekali dengan wawasan serta skill di bidang pelayanan dan jasa.
Ø  Dana Operasional
Digunakan untuk biaya operasional harian dan di bagi untuk keperluan penggantian barang yang rusak jika ada trouble (kerusakan).

 Seiring berkembangnya usaha dalam bidang jasa, CV. Sanyota Teknik pun membutuhkan modal tambahan yang di dapat dari laba atau keuntungan dan sebagian di peroleh dari pinjaman Bank.











HARGA JUAL DAN KEUNTUNGAN

Ø  Harga jasa service
Untuk biaya pelayanan cuci AC (daerah kota Tangerang) sebesar Rp.35.000, untuk luar kota (Tangerang) di kenakan biaya tambahan sebesar Rp.45.000. Dan untuk pelayanan jasa service instalasi AC (pasang AC) dikenakan biaya sebesar Rp.275.000-,untuk jenis AC splite. untuk jenis AC standing floor, caseete, window dikenakan biaya sebesear Rp.350.000.
untuk pelayanan jasa service bongkar dan pasang (pindah tempat) di kenakan biaya sebesar Rp.250.000-,(jika dalam pengerjaanya hanya salah satu yg di kerjakan di bagi 2 harganya)

Ø  KEUNTUNGAN
Keuntungannya sendiri didapat dari pengurangan dari pendapatan dan pengeluaran.


























BAB  V
RENCANA PENGEMBANGAN USAHA

            Seperti telah di urai dalam beberapa bab sebelumnya pengusaha atau pemilik CV. Sanyota Abadi Lestari sendiri telah mempunyai gambar pasar dan srategi pemasaran yang di nilai tepat dan efesien.
Oleh karena itu dalam hal prospek atau pengembangan usaha bapak Swendo Handoyo berencana mengadopsi gagasan lama yaitu penguatan pusat usaha dan perencanaan pembukaan cabang baru di kota-kota besar lainya. 

HARAPAN-HARAPAN

Ø  BAGI PENGUSAHA
Kami berharap dengan adanya CV.Sanyota Abadi Lestari ini dapat memberikan manfaat bagi masnyarakat lusas khususnya dalam bidang jasa.  Sesuai dengan Moto kami yaitu ingin memberikan pelayanan yang cepat, tepat dan akurat.

Ø  BAGI PENULIS

Harapan kami kedepannya adalah semoga dengan adanya tugas mata kuliah Entrepreneurship ini dapat memberikan wawasan serta pengetahuan kami di dalam dunia wirausaha serta dapat mengapresiasikannya di dengan baik.









SUKA DAN DUKA
Dalam perjalanan pengembangan usaha di bidang jasa yang di rintis oleh bpk. Swendo Handoyo yang di rintis sejak tahun 1998 hingga saat ini , mengalami berbagai pengalaman yang sangat luar biasa diantara nya dalam hal suka dan duka perusahaan CV SANYOTA ABADI LESTARI . yang penulis dapatkan dari bpk Swendo Handoyo sebagai berikut
Ø  SUKA
Mancakup aspek perekonomian industri yang mengalami perkembangan yang begitu pesat kami sering mendapatkan projeck dari instansi-instansi baik negri atau swasta guna mengimbangi mobilitas industri atau non industri . untuk itu kami selalu berinovasi dan sudah pasti mendapatkan keuntungan yang lumayan besar. Kami mempunyai mekanik yang handal disertai skill dan kretivitas yang positif sehingga secara tidak langsung dapat menambah rasa percaya kepada CV SANYOTA .
Ø  DUKA
Tidak dapat di pungkiri semua cerita tidak selalu berjalan manis atau lancar-lancar saja berbagai polemik internal perusahaan kerap kali bermunculan seperti halnya sebuah projec  yang sudah di ACC dan sudah siap di kerjakan tiba-tiba di batalkan . kemudian faktor cuaca seperti sekarang-sekarang ini begitu terasa menghambat mobilitas pelayanan jasa yang seharusnya tepat waktu. Terkadang bukan tidak mungkin jika terjadi kesalahan pengerjaan yang di sebabkan karena faktor Mised komunikasi (human error).


















OMSET PENGHASILAN

Omset di dapat dari besar nya volume atau permintaan pelanggan, baik dari industri maupun permintaan pelanggan tetap (perumahan). Dan reccap pendapatan rata-rata di hitung dari pendapatan per hari .
Rata-rata permintaan atau pengguna jasa per hari dalam satu bulan mencapai 15 P.O (purchase order) di dalam P.O tersebut mempunyai nominal harga yang telah di sepakati rata-ratanya sejumlah Rp.100.000-,
            Dan di bidang penjualan sparepart rata-rata nya penulis tidak dapan merekomendasikan atau menerjemahkanya di karenakan menyangkut rahasia perusahaan. 


















BAB VI

PENUTUP
KESIMPULAN
Didalam menjalankan suatu usaha, setiap pemilik usaha harus bisa membawa usaha yang dia miliki menembus pangsa pasar yang sebaik-baiknya.Seorang pemilik usaha juga harus bisa memimpin para pekerjanya agar bisa memberikan hasil kerja yang baik,terutama dalam usaha jenis jasa.setiap karyawan atau pekerja dituntut agar bisa memberikan hasil kerja yang sebaik-baiknya agar semua customer bisa merasa puas dan menjadi pelanggan tetap.
Setiap perusahaan jasa harus bisa memberikan pelayanan yang terbaik kepada customer,apalagi pada saat ini,banyak perusahaan yang bersaing memberikan pelayanan dan fasilitas kepada costomer,agar perusahaan jasa mereka banyak diminati oleh banyak orang.

PESAN DAN KESAN
PESAN
Pada dasarnya setiap individu berpeluang sukses terutama bagi generasi muda yang mempunyai keinginan kuat untuk menjadi wira usahawan muda yang berhasil. Masih terbuka jalan untuk menjadi seseorang yang sukses . Paktor terpenting utuk menjadi seorang wirausahawan adalah niat dan kerja keras , jauhi perilaku gengsi berani mengambil keputusan serta tanggung jawab penuh atas segala keputusan yang telah di buat.
KESAN
Dengan adanya kegiatan monitoring atau riset yang di lakukan siswa tersebut. Di harapkan mempunyai wawasan baru tentang managemen suatu perusahaan yang nantinya akan di rilis serta menimbulkan niatan kuat untuk menjadi wira usahawan muda yang berpotensi dan berhasil.

1 komentar:

  1. How to register in a casino and deposit via an online - DrmCD
    To use 군산 출장안마 an 제주도 출장샵 online sportsbook 보령 출장마사지 and casino website, you need to 인천광역 출장마사지 make a deposit in order to enter a 영천 출장샵 bonus code. For example, you can use a bonus code:

    BalasHapus