KATA PENGANTAR
Puji
syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT karena berkat rahmat dan karunianya
penyusunan proposal ini dapat terselesaikan. Tujuan penulisan proposal usaha
ini adalah sebagai salah satu persyaratan untuk melengkapi tugas mata kuliah
Entrepreneurship AMIK BSI Tangerang Semester l jurusan Manajement Informatika.
Dalam
kesempatan kali ini kami ingin mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya
kepada pihak-pihak yang telah bersedia membantu dalam menyelesaikan penyusunan
proposal usaha ini , khususnya kepada:
1.
Bapak Drs. Bambang Handoyo.MM selaku dosen dan pembimbing mata kuliah
Entrepreneurship yang telah meluangkan waktu, tenaga, dan pikiran dalam pelaksanaan
bimbingan, pengarahan, dan dorongan dalam rangka penyelesaian proposal usaha
ini.
2.
Bapak Swendo Handoyo selaku pimpinan
sekaligus pemilik dari CV. SANYOTA ABADI LESTARI yang telah bersedia membantu
kami dalam pelaksanaan tugas ini.
3.
Rekan-rekan kelompok 3 Mata Kuliah
Entrepreneurship kelas 12.1H.03A jurusan Manajement Informatika BSI.
4.
Dan semuja pihak-pihak yang terkait
dalam penyelesaian penyusunan proposal usaha ini.
Akhirnya
kami berharap semoga proposal ini dapat bermanfaat bagi semua pihak yang berkompeten.
Tangerang,
21 November 2012
Penulis
Daftar isi
Kata
pengantar…………………………………………………………………………………..
PENDAHULUAN
1.
Latar belakang usaha…………………………………………………………………………..
2.
Visi dan Misi……………………………………………………………………………………..
3.
Manfaat usaha……………………………………………………………………………..........
PROFIL PERUSAHAAN
1.
Nama dan Alamat Usaha……………………………………………………………………….
2.
Nama dan alamat pemilik………………………………………………………………………..
3.
Karyawan………………………………………………………………………………………...
4.
Motivasi………………………………………………………………………………………….
5.
Tentang Jasa Pendingin………………………………………………………………………...
ASPEK PEMASARAN
1.
Gambar pasar…………………………………………………………………………………….
2.
Strategi pemasaran………………………………………………………………………………
ASPEK KEUANGAN
1.
Perhitungan modal………………………………………………………………………………
2.
Harga jual dan keuntungan……………………………………………………………………..
RENCANA PENGEMBANGAN PRODUKSI
1.
Rencana pengembangan usaha………………………………………………………………...
2.
Harapan – Harapan……………………………………………………………………………...
3.
Suka – Duka………………………………………………………………………………………
4.
Omset Penghasilan………………………………………………………………………………
PENUTUP
l.
Kesimpulan………………………………………………………………………………………
ll.
Pesan dan Kesan…………………………………………………………………………………
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang Penelitian
Suatu
perusahaan dalam melaksanakan kegiatannya, baik perusahaan yang bergerak di
bidang industry maupun jasa akan berusaha untuk mencapai tujuan yang diharapkan
sebelumnya. Satu hal yang harus diperhatikan bersama, keberhasilan berbagai
aktivitas di dalam perusahaan dalam mencapai tujuan, bukan hanya tergantung
pada keunggulan teknologi, sarana ataupun prasarana yang dimiliki, melainkan
juga tergantung pada aspek sumberdaya manusia. Faktor sumber daya manusia ini
merupakan elemen yang harus diperhatikan oleh perusahaan, terutama bila
mengingat bahwa era perdagangan bebas akan segera dimulai. Hal ini memaksa
setiap perusahaan harus dapat bekerja dengan lebih efisien, efektif dan
produktif. Tingkat kompetisi ini akan memacu tiap perusahaan untuk dapat mempertahankan
kelangsungan hidupnya dalam lingkungan persaingan yang tinggi yang dalam hal
ini berarti perusahaan harus memberikan perhatian pada aspek sumber daya
manusia. Jadi manusia dapat dipandang sebagai factor penentu karena di tangan
manusialah segala inovasi akan direalisir dalam upaya mewujudkan tujuan
perusahaan.
Setiap
karyawan diharapkan memiliki motivasi kerja yang tinggi agar dapat meningkatkan
semangat kerja.Motivasi merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan
oleh pihak manajemen bila mereka menginginkan setiap karyawan dapat memberikan
kontribusi positif terhadap pencapaian tujuan perusahaan. Dengan motivasi,
seorang karyawan akan memiliki semangat yang tinggi dalam melaksanakan tugas
yang diberikan kepadanya. Tanpa motivasi, seorang karyawan tidak dapat
melaksanakan tugasnya sesuai standartd yang ditentukan. Sekalipun seorang
karyawan memiliki kemampuan operasional yang baik, namun bila tidak memiliki
motivasi dalam bekerja, hasil akhir dari pekerjaannya tidak akan memuaskan.
Mengingat
pentingnya motivasi, maka manajemen perlu memotivasi karyawan melalui
serangkaian usaha tertentu sesuai dengan kebijakan perusahaan, sehingga
motivasi karyawan dalam bekerja akan tetap terjaga. Untuk memotivasi karyawan,
pimpinan perusahaan harus mengetahui motif dan motivasi yang diinginkan oleh
para karyawan. Satu hal yang harus dipahami bahwa orang mau bekerja karena
mereka ingin memenuhi kebutuhan, baik kebutuhan yang disadari maupun kebutuhan
yang tidak disadari, berbentuk materi atau non materi, kebutuhan fisik maupun
rohaniah.
Seperti
dikatakan Siagian “Dengan pemberian motivasi yang tepat para karyawan akan
terdorong untuk berbuat semaksimal mungkin dalam melaksanakan tugasnya.”
Memotivasi
karyawan dapat dilakukan dengan pemberian kompensasi yang layak dan adil,
pemberian penghargaan dan sebagainya. Hal ini dimaksudkan agar apapun yang
menjadi kebutuhan karyawan dapat terpenuhi sehingga para karyawan dapat bekerja
dengan baik dan merasa senang dengan semua tugas yang dibebankan kepadanya.
Setelah karyawan merasa senang dengan pekerjaannya, terciptalah suasana kerja
yang kondusif dan pada akhirnya karyawan akan meningkatkan semangat kerja para
karyawan, karena termotivasi dalam melaksanakan tugasnya dalam perusahaan.
Menurut
Arep Ishak dan Tanjung Hendri “Sesuatu yang dikerjakan karena ada motivasi yang
mendorongnya akan membuat orang senang mengerjakannya. Hal ini dimaklumi karena
dorongan yang begitu tinggi menghasilkan sesuai yang ditetapkan, Serta semangat
kerjanya akan tinggi.
Dari
kutipan di atas jelas bahwa pemberian motivasi sangatlah erat kaitannya dengan
semangat kerja, Karena dengan adanya motivasi dalam diri seseorang akan
meningkatkan semangat untuk bekerja. Khususnya terhadap karyawan.
Dalam
hal ini CV. Sanyota Tehnik yang terletak
di Jl.raya Merdeka No.143 Cimone Tangerang, sebagai perusahaan yang bergerak di
bidang Jasa dengan misinya yaitu memberikan pelayanan service berkualitas
kepada customer, sudah seharusnya memiliki karyawan yang penuh semangat dan
bermotivasi tinggi dalam bekerja dan melakukan pekerjaannya secara efektif dan
efisien, untuk kemudian pada akhirnya menunjukan misi dan tujuan yang telah
ditetapkan.
Dalam
menjalakan perusahaan seperti CV.Sanyota Tehnik dibutuhkan karyawan-karyawan
yang memiliki semangat kerja yang tinggi dalam melaksanakan pekerjaannya, namun
dalam pelaksanaannya, tingginya tingkat absensi dan turunnya kualitas jasa
merupakan fenomena yang saat ini dihadapi oleh CV.Sanyota Tehnik,. Maka
pemberian motivasi di sini sangatlah dibutuhkan untuk meningkatkan semangat
kerja setiap karyawan sehingga tujuan perusahaan dapat cepat tercapai.
Dari
uraian di atas penulis tertarik untuk melakukan penelitian tentang “PENGARUH
PEMBERIAN MOTIVASI TERHADAP SEMANGAT KERJA KARYAWAN PRODUKSI PADA CV. SANYOTA
TEHNIK”
Visi dan Misi
Adapun Visi
kami kedepan mendirikan perusahaan ini yaitu:
1.
Memanfaatkan kuliatas hajat hidup.
2.
Memacu potensi dan kemampuan bisnis
dunia industry.
3.
Mendirikan badan usaha yang
Produktif, Kreatif, dan Inofatif.
4.
Untuk mengaplikasikan ilmu
kewirausahaan dalam bentuk nyata.
Adapun Misi
peusahaan kami yaitu:
1.
Memberikan pelayanan service
berkualitas kepada Customer.
2.
Selalu berinofasi dalam bidang
pelayanan pengguna jasa.
3.
Mengikat Customer dan berkembang.
4.
Melayani Customer sepenuh hati.
MANFAAT USAHA
Manfaat dari jenis wirausaha “Jasa
Service Pendingin”.
Ø Bagi
Penulis
Sebagai
sarana pemacu semangat berwira usaha dan mengaplikasikan ilmu pengetahuan
Entrepreneurship yang telah kami pelajari sejauh ini didalam dunia bisnis dan
usaha.
Ø Bagi
AMIK Bina sarana Informatika
Diharakan
mahasiswa mengerti isi kandungan dan ilmu berwirausaha , menjadikan
tambahan
motifasi dan semangat beerwirausaha.
Ø Bagi
pemilik usaha
Melalui
berbagai pengalaman dan pelajaran dalam berwirausaha naik dan turunnya siklus
ekonomi menjadikan motifasi saya untuk selalu optimis dalam memacu potensi diri
saya untuk selalu memberikan yang terbaik kepada keluarga.
BAB II
PROFIL PERUSAHAAN
1.
Nama
dan Alamat Usaha
Nama
Perusahaan : CV. SANYOTA ABADI
LESTARI
Alamat
Perusahaan : Jl. Raya Merdeka No.143
Cimone - tangerang
Telepon : 551 3358 / 557 60481
Bidang
Usaha : Jasa dan Penjualan
Sukucadang (Spare Part) Pendingin
Dalam
usaha yang kami jalankan ini, kami melayani Jasa service serta penjualan
Sukucadang (Spaare Part) pendingin seperti AC, Lemari Pendingin dan sejenisnya.
2.
Nama
dan Alamat pemilik
Sekilas
tentang pemilik CV. SANYOTA ABADI LESTARI ini berdiri pertama kali pada tahun
1998 yang di dirikan oleh Bapak Swendo Handoyo atas dasar kemandirian dan ingin
memberikan peranan penting kepada masyarakat khususnya dibidang jasa.
3.
KARYAWAN
Sejauh
ini kami memiliki 20 karyawan yang terampil di bidangnya serta memiliki wawasan
yang luas, Sehingga diharapkan dapat memberikan pelayanan yang maksimal
terhadap Customer.
4.
MOTIVASI
Berikut
adalah motivasi yang mendorong kami selaku pemilik usaha untuk menjalankan
bisnis jasa pendingin ini:
v
Membentuk usaha mandiri tanpa
tergantung pada orang lain
v
Menambah ilmu tentang kewirausahaan
dan dunia usaha yang sebenarnya
v
Ingin memberikan pelayanan yang
cepat, tepat, serta dapat memuaskan Customer
v
Menambah penghasian
5.
TENTANG
JASA PENDINGIN
Pada
umumnya jasa atau service pendingin ini hampir sama dengan yang lainnya. Namun jasa
yang kami jalankan ini menawarkan jasa yang berbeda dengan segala bentuk
inovasi dan kreatifitas yang kami akan berikan. Kecepatan serta ketepatan
itulah yang menjadi dasar dalam pelayanan kami.
BAB III
ASPEK
PELAYANAN
1.
Gambar pelayanan Jasa Penjualan dan
service
o
Grafik di atas menunjukan tingkat pelayanan
Jasa Penjualan dan Service perminggu dalam satu bulan terakhir.
2. STRATEGI PELAYANAN
Di
tengah-tengah persaingan yang sangat ketat ini khususnya dalam bidang pelayanan
Jasa pendingin. Kami memiliki beberapa trik-trik tersendiri untuk
mempertahankan usaha ini agar tetap berjalan sesuai keinginan.
Adapun
trik-trik tersebut adalah sebagai berikut:
ü
Mempertahankan pelayanan yang dapat
memuaskan, dengan tujuan agar pelanggan tidak dirugikan dengan jasa yang kami
berikan.
ü
Tetap menjaga etika pelayanan kepada
Customer, hal ini mempunyai tujuan supaya Customer tidak kecewa dengan
pelayanan yang kami berikan sehingga Customer akan kembali lagi untuk memakai
jasa kami.
ü
Mempromosikannya baik melalui media
elektronik atau media cetak seperti Koran atau Internet. Hal ini dilakukan
supaya Jasa kami lebih dikenal oleh orang banyak.
BAB IV
ASPEK
KEUANGAN
PERHITUNGAN MODAL
Awal
CV.Sanyota Abadi Lestari berjalan
pada tahun 1998. Pada periode awal berjalanya usaha tersebut hanya bemodalkan,
o
2 unit sepeda motor
o
3 unit tool box
o
4 maintance (SDM) sebagai mekanik.
o
Dana Operasional Rp.4.400.000-,
PERINCIAN:
Ø
Alat Transportasi
Di
gunakan sebagai sarana transportasi pelayanan jasa.
Ø
Tool
Box
Di
gunakan sebagai tempat alat-alat yang di butuhkan maintance.
Ø
Karyawan (SDM)
Sebagai
pelaku pelayanan jasa customer yang di bekali dengan wawasan serta skill di
bidang pelayanan dan jasa.
Ø
Dana Operasional
Digunakan
untuk biaya operasional harian dan di bagi untuk keperluan penggantian barang yang
rusak jika ada trouble (kerusakan).
Seiring berkembangnya usaha dalam bidang jasa,
CV. Sanyota Teknik pun membutuhkan modal tambahan yang di dapat dari laba atau
keuntungan dan sebagian di peroleh dari pinjaman Bank.
HARGA JUAL DAN KEUNTUNGAN
Ø
Harga jasa service
Untuk
biaya pelayanan cuci AC (daerah kota Tangerang) sebesar Rp.35.000, untuk luar
kota (Tangerang) di kenakan biaya tambahan sebesar Rp.45.000. Dan untuk
pelayanan jasa service instalasi AC (pasang AC) dikenakan biaya sebesar
Rp.275.000-,untuk jenis AC splite. untuk jenis AC standing floor, caseete,
window dikenakan biaya sebesear Rp.350.000.
untuk
pelayanan jasa service bongkar dan pasang (pindah tempat) di kenakan biaya
sebesar Rp.250.000-,(jika dalam pengerjaanya hanya salah satu yg di kerjakan di
bagi 2 harganya)
Ø
KEUNTUNGAN
Keuntungannya
sendiri didapat dari pengurangan dari pendapatan dan pengeluaran.
BAB V
RENCANA
PENGEMBANGAN USAHA
Seperti telah di urai dalam beberapa
bab sebelumnya pengusaha atau pemilik CV.
Sanyota Abadi Lestari sendiri telah mempunyai gambar pasar dan srategi
pemasaran yang di nilai tepat dan efesien.
Oleh
karena itu dalam hal prospek atau pengembangan usaha bapak Swendo Handoyo
berencana mengadopsi gagasan lama yaitu penguatan pusat usaha dan perencanaan
pembukaan cabang baru di kota-kota besar lainya.
HARAPAN-HARAPAN
Ø BAGI
PENGUSAHA
Kami
berharap dengan adanya CV.Sanyota Abadi Lestari ini dapat memberikan manfaat
bagi masnyarakat lusas khususnya dalam bidang jasa. Sesuai dengan Moto kami yaitu ingin
memberikan pelayanan yang cepat, tepat dan akurat.
Ø BAGI
PENULIS
Harapan
kami kedepannya adalah semoga dengan adanya tugas mata kuliah Entrepreneurship
ini dapat memberikan wawasan serta pengetahuan kami di dalam dunia wirausaha
serta dapat mengapresiasikannya di dengan baik.
SUKA DAN DUKA
Dalam perjalanan pengembangan usaha
di bidang jasa yang di rintis oleh bpk. Swendo Handoyo yang di rintis sejak
tahun 1998 hingga saat ini , mengalami berbagai pengalaman yang sangat luar
biasa diantara nya dalam hal suka dan duka perusahaan CV SANYOTA ABADI LESTARI
. yang penulis dapatkan dari bpk Swendo Handoyo sebagai berikut
Ø SUKA
Mancakup aspek perekonomian industri
yang mengalami perkembangan yang begitu pesat kami sering mendapatkan projeck
dari instansi-instansi baik negri atau swasta guna mengimbangi mobilitas
industri atau non industri . untuk itu kami selalu berinovasi dan sudah pasti
mendapatkan keuntungan yang lumayan besar. Kami mempunyai mekanik yang handal
disertai skill dan kretivitas yang positif sehingga secara tidak langsung dapat
menambah rasa percaya kepada CV SANYOTA .
Ø DUKA
Tidak dapat di pungkiri semua cerita
tidak selalu berjalan manis atau lancar-lancar saja berbagai polemik internal
perusahaan kerap kali bermunculan seperti halnya sebuah projec yang sudah di ACC dan sudah siap di kerjakan
tiba-tiba di batalkan . kemudian faktor cuaca seperti sekarang-sekarang ini
begitu terasa menghambat mobilitas pelayanan jasa yang seharusnya tepat waktu.
Terkadang bukan tidak mungkin jika terjadi kesalahan pengerjaan yang di
sebabkan karena faktor Mised komunikasi (human error).
OMSET PENGHASILAN
Omset di dapat dari besar nya volume
atau permintaan pelanggan, baik dari industri maupun permintaan pelanggan tetap
(perumahan). Dan reccap pendapatan rata-rata di hitung dari pendapatan per hari
.
Rata-rata permintaan atau pengguna
jasa per hari dalam satu bulan mencapai 15 P.O (purchase order) di dalam P.O
tersebut mempunyai nominal harga yang telah di sepakati rata-ratanya sejumlah
Rp.100.000-,
Dan di bidang penjualan sparepart rata-rata nya penulis tidak
dapan merekomendasikan atau menerjemahkanya di karenakan menyangkut rahasia
perusahaan.
BAB VI
PENUTUP
KESIMPULAN
Didalam menjalankan suatu usaha,
setiap pemilik usaha harus bisa membawa usaha yang dia miliki menembus pangsa
pasar yang sebaik-baiknya.Seorang pemilik usaha juga harus bisa memimpin para
pekerjanya agar bisa memberikan hasil kerja yang baik,terutama dalam usaha
jenis jasa.setiap karyawan atau pekerja dituntut agar bisa memberikan hasil
kerja yang sebaik-baiknya agar semua customer bisa merasa puas dan menjadi
pelanggan tetap.
Setiap perusahaan jasa harus bisa
memberikan pelayanan yang terbaik kepada customer,apalagi pada saat ini,banyak
perusahaan yang bersaing memberikan pelayanan dan fasilitas kepada
costomer,agar perusahaan jasa mereka banyak diminati oleh banyak orang.
PESAN DAN
KESAN
PESAN
Pada
dasarnya setiap individu berpeluang sukses terutama bagi generasi muda yang
mempunyai keinginan kuat untuk menjadi wira usahawan muda yang berhasil. Masih
terbuka jalan untuk menjadi seseorang yang sukses . Paktor terpenting utuk
menjadi seorang wirausahawan adalah niat dan kerja keras , jauhi perilaku
gengsi berani mengambil keputusan serta tanggung jawab penuh atas segala
keputusan yang telah di buat.
KESAN
Dengan
adanya kegiatan monitoring atau riset yang di lakukan siswa tersebut. Di
harapkan mempunyai wawasan baru tentang managemen suatu perusahaan yang
nantinya akan di rilis serta menimbulkan niatan kuat untuk menjadi wira
usahawan muda yang berpotensi dan berhasil.
How to register in a casino and deposit via an online - DrmCD
BalasHapusTo use 군산 출장안마 an 제주도 출장샵 online sportsbook 보령 출장마사지 and casino website, you need to 인천광역 출장마사지 make a deposit in order to enter a 영천 출장샵 bonus code. For example, you can use a bonus code: